Senin, 12 Agustus 2019

Banyak Rasa di Awal Hari PKKMB

Assalamualaikum..

PKKMB kepanjangan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau biasa disebut "Ospek" . Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang harus diketahui dalam dunia perkuliahan meliputi tempat belajar, sistem pendidikan, peraturan, dsb. Kalau di masa sekolah biasa disebut MOS. Begitulah penjelasan singkatku mengenai tema yang akan aku ingin ceritakan bagaiman suka dukanya hari pertama PKKMB di Universitasku.

Dimulai dari malam harinya aku mempersiapkan semua perlengkapan mulai dari atribut sampai barang-barang yang harus dibawa. Berkali-kali aku mengecek checklistku dan berharap tidak ada yang terlupa. Pagi harinya sekitar pukul 05.15 WIB aku berangkat. Di peraturan tidak diperbolehkan memakai jam tangan yang tidak formal (berbahan logam) jadi aku tidak bisa memperkirakan kapan aku datang saat itu.

Sesampainya disana, suasana sangat ramai. Fakultas lain sudah memulai kegiatannya, sedangkan fakultasku masih banyak yang baru datang. Di parkiran, aku dan beberapa anak yang baru datang disuruh untuk segera berkumpul. Dengan memakai rok span, aku jadi tidak leluasa untuk berjalan cepat. Tapi disaat perjalanan menuju tempat berkumpul, aku baru teringat sesuatu. "Kunci motorku?". Gelisah aku. Inginku kembali tapi sudah terlalu jauh, aku tidak mau terlambat dan dihukum. Akhirnya aku memutuskan untuk tidak memikirkannya dan fokus mengikuti kegiatan.

Pertama-tama semuanya berbaris untuk melakukan pemeriksaan barang bawaan. Banyak yang dihukum karena tidak membawa barang yang diperintahkan. Jujur aku sangat takut. Tapi aku yakin akan lolos.

Akhirnya setelah menunggu lama berbaris, aku lolos dari hukuman. Kemudian aku berkumpul dengan jurusanku. Saat berkumpul di lapangan, kegiatan yang berlangsung yakni menyanyi, resume koran, dan terakhir apel. Setelah apel, aku berkumpul dengan kelompokku menuju ruang auditorium.

Acara di auditorium berisi mengenai materi tentang perkuliahan seperti pengenalan tim manajemen kampus, dosen, penjelasan tentang kemahasiswaan, sampai dengan sistem pembelajaran. Hampir seharian diisi oleh materi. Jenuh? Tidak, karena pematerinya tidak membosankan. Para dosen yang memaparkan materi memiliki ciri khas tersendiri yang mampu menyita perhatian. Selain materi yang diberikan para dosen, aku dan teman-teman yang lain juga diajak untuk bernyanyi bersama panitia.

Singkat cerita, acara hari ini selesai saat waktu sholat ashar. Aku dan teman-teman kembali ke kelas untuk melakukan review mengenai materi yang sudah dijelaskan dan pastinya pembagian tugas :) setelah selesai baru deh pulang.

Jadi, dimana letak banyak rasaku hari ini? Tepatnya pagi hari saat pemeriksaan barang yang menegangkan karena ada panitia selaku "Komdis" (Komisi Disiplin) yang sangat tegas menjatuhi hukuman. Walaupun hukumannya bernyanyi tapi dengan suasana tegang seperti itu, pasti deh fokus hilang :v . Terlepas dari suasana tegang pagi hari, aku terhibur dengan acara di auditorium dimana aku dan teman-teman bernyanyi dan menari.

Ini masih hari pertama, kurang 5 hari lagi. Semoga lancar dan semuanya bisa lulus PKKMB karena syarat lulus univ harus mempunyai sertifikat lulus PKKMB :). Cukup segini dulu ceritaku, tunggu cerita hari-hari selanjutnya :) DON'T MISS IT !

Wassalamua'alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar