Selasa, 13 Agustus 2019

Teman Baru Dengan Berbagai Ciri Khasnya





Assalamualaikum..

Hai, kali ini aku akan mengulas mengenai arti toleransi di lingkungan perkuliahanku. Ya, di dunia perkuliahanku aku menemui banyak teman yang berasal dari berbagai daerah walaupun masih dalam daerah Jawa, tapi logat dan bahasa nya juga ada perbedaan. Oke, mari kita mulai arti toleransi.

Toleransi adalah suatu sikap saling menghargai dalam suatu lingkup masyarakat antar kelompok maupun individu.

Awal mula saat pertama masuk kuliah untuk berkenalan dengan kelompok PKKMB, mereka berasal dari berbagai daerah. Masih dalam lingkup Bahasa Jawa tapi masih ada perbedaan bahasa dan terutama ke khasan logat.

"Cah" "Bar" "Gung" adalah bahasa yang menurutku asing walaupun jika digabungkan dengan kalimat sebelumnya aku bisa memahami artinya. Cukup lucu apalagi dengan logat yang digunakan. Tapi dengan begitu aku lebih paham mengenai kebudayaan yang mereka lakukan. Hal yang biasa terjadi adalah saat diskusi terkadang tidak paham akan apa yang diucapkan karena menggunakan bahasa masing-masing. Maka diskusi pun harus menggunakan bahasa nasional atau jawa biasa.

Punya teman dengan berbagai daerah dapat menambah wawasan kita akan budaya dan hal menarik di daerahnya. Kita bisa menambah kosa kata dan tentunya relasi. Yang terpenting kita harus paham akan hal yang menurut budaya nya tidak sesuai dengan budaya di daerah kita sendiri. Karena kita berada di Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika :) Yuk ! mari tambah teman serta terus jaga toleransi yang ada.

Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar