Kamis, 15 Agustus 2019

Hari Ke-4 PKKMB Yang Berkesan

Assalamualaikum...

Hari ini tanggal 15 Agustus 2019 merupakan hari ke-4 ku mengikuti PKKMB. Banyak hal seru dan berkesan hari ini.

Singkat cerita saat aku selesai pengecekan barang, biasa yakni berkumpul di lapangan bersama teman-teman sejurusan untuk melakukan kegiatan seperti biasanya yakni menyanyi dan apel.

Setelah itu aku dan kelompokku mulai kegiatan acara. Kali ini kegiatannya berbeda dengan hari-hari sebelumnya yakni ada pemaparan dari komunitas tunas hijau. Pertama ada penjelasan mengenai daur ulang plastik menjadi barang-barang berguna. Sebagai contoh adalah kursi dari botol besar yang diisi dengan sampah an-organik yang dipadatkan. Namanya Eco Bridge yang merupakan hasil karya dari anak SMP yang ada di Surabaya yang telah mengikuti lomba putra putri lingkungan hidup. Kedua yakni ada penjelasan mengenai gerakan menghemat energi listrik yang kemudian dilanjut dengan daur ulang kertas. Ketiga ada kegiatan mengenai penjelasan pembuatan biopori.

Di akhir acara kegiatan tunas hijau, aku dan teman-teman kembali ke kelas untuk melanjutkan materi lain yakni mengenai peran dan pergerakan mahasiswa beserta organisasinya. Materi tersebut disampaikan oleh Kak Fatory divisi bidang agama BEM Fakultas Ekonomi. Ternyata bentuk organisasi dalam dunia perkuliahan itu cukup banyak dan sistemnya seperti lembaga dewan negara :' ada menteri-menterinya, ada pihak legislatif, dll. Setelah itu acara dilanjutkan di auditorium adanya hiburan musik dari kakak tingkat dan sebagai penutupan ada penjelasan mengenai organisasi mahasiswa yang ada di universitas yang dijelaskan oleh para ketua himpunan.

Menjelang jam pulang, aku dan teman-teman berkumpul di lapangan untuk diberikan pelatihan mental menjadi mahasiswa oleh kakak-kakak komisi disiplin. Saat itu aku dan teman-teman harus bisa sadar akan tugas dan tanggungjawab yang diemban oleh mahasiswa untuk negara. Mahasiswa harus kritis mengenai kebijakan negara yang ada untuk kesejahteraan rakyat. Mahasiswa adalah wakil suara rakyat untuk menyerukan keadilan kepada penguasa negara. Aku dan teman-teman harus bisa menghayati dan mengamalkan sumpah mahasiswa serta merenungkan makna lagu-lagu perjuangan.

Banyak ilmu yang aku pelajari hari ini terutama mengenai makna mahasiswa yang sebenarnya. Kehidupan mahasiswa tidak seseru FTV :v . Oke, sekian cerita hari ini. PKKMB kurang 2 hari lagi ! Semangat ! Tunggu ceritaku selanjutnya ya sampai hari akhir... ;)

Wassalamualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar